gitar, elektronika, catur, religi dan matematika, politik, seni budaya, dan semua yang ada didunia ini

Sabtu, 25 Februari 2012

Melodic Minor: 7th Chords dan Modes (TEORI)

Hi GitarMania!

Sekarang kita akan membahas tentang harmonisasi scale melodic minor dan modes yang terkandung di dalamnya. Dengan memahami harmoni dan modes yang terdapat di dalam scale wajib para jazzer ini, diharapkan kita dapat mengaplikasikannya secara efektif di dalam permainan kita.

Sebelumnya, saya ingin menyegarkan ingatan GitarMania dengan modes yang terdapat di dalam major scale: Ionian/major scale, dorian, phrygian, lydian, mixolydian, aeolian/natural minor, dan locrian. Nah, setiap modes tersebut disusun berdasarkan derajatnya masing-masing; Ionian/major scale adalah derajat I, dorian adalah derajat II, dst. Dan tentu kita masih ingat, derajat tersebut mewakili setiap jenis 7th chords yang dikandungnya: I Maj7, II minor 7, III minor 7, IV Maj7, V7, VI minor 7, VII min 7(b5). Nah, berdasarkan pendekatan modes major scale, kita coba menganalisis modes melodic minor.

Baiklah, mungkin kita bertanya-tanya: Darimana asalnya scale melodic minor? Scale ini berasal dari scale natural minor/aeolian yang nada ke-6 dan ke-7 nya dinaikkan 1/2 nada. Sebagai contoh, jika nada-nada scale A natural minor adalah: A B C D E F G, maka scale A melodic minor-nya menjadi: A B C D E F# G#—> nada F dan G dinaikkan 1/2. Gimana, cukup simpel bukan? Dan karena scale natural minor berasal atau merupakan bagian dari major scale, dapat kita simpulkan bahwa melodic minor juga merupakan turunan dari major scale.

Sekarang, mari kita periksa harmonisasi 7th chords dari scale ini. Sudah tahu cara mengharmonisasi sebuah scale? Gampang, kita cukup menyusun sebuah nada berdasarkan interval major atau minor 3rd. Mari kita lihat harmonisasi A melodic minor. Nada-nadanya adalah A B C D E F# G#. Untuk harmonisasi derajat pertama, yaitu A, maka terbentuk A C E dan G#= A minMaj7. Dapat kita lihat, chord tersebut disusun berdasarkan interval 3rd dari scale itu sendiri. A ke C (minor 3rd), C ke E (major 3rd), dan E ke G# (major 3rd). Berikut daftar lengkapnya:

A minMaj7 (ACEG#), B min7 (BDF#A), C Maj7#5 (CEG#B), D7 (DF#AC), E7 (EG#BD), F# min7(b5) (F#ACE), dan G# min7(b5) (G#BDF#).
Berdasarkan derajatnya: I minMaj7, II min7, bIIIMaj7#5, IV7, V7, VI min7(b5), VII min7(b5).

Setelah tahu harmonisasi 7th chords-nya, mari kita lihat nama masing-masing modes.

1. Melodic minor. Ini adalah scale induknya. Scale ini sendiri diturunkan dari scale natural minor, di mana derajat ke-6 dan ke-7 dinaikkan setengah nada.
2. Dorian b9. Penamaan dorian b9 ada beberapa alasan: memiliki interval minor 3rd dan major 6th dari root, serta mengacu kepada major scale di mana derajat kedua dinamakan dorian–> mempermudah untuk diingat. Tetapi dorian di major scale mempunyai interval major 2nd/9th dari root, sedangkan di melodic minor, intervalnya minor 2nd/9th dari root. Makanya sangat pas dinamakan dorian b9.
3. Lydian Augmented. Lydian adalah modes dari major scale yang memiliki ciri khas interval augmented 4th dan major 7th dari root. Di derajat ketiga melodic minor, karakteristik lydian ini ditambah dengan interval augmented 5th dari root.
4. Lydian b7. Sama dengan karakter lydian, hanya saja interval ke-7-nya adalah minor 7th. Lydian b7 adalah salah satu dari 2 modes yang paling terkenal dari aplikasi melodic minor. Sering dimainkan untuk dominant 7th chord yang tidak diharapkan beresolusi down a 5th. Contoh: IV7, bVII7, substitute dominants, dsb.
5. Mixolydian b13. Nama lainnya adalah Hindu scale. Bayangkan saja modes mixolydian yang nada ke-6-nya diturunkan setengah. Cukup terdengar eksotis jika dimainkan di atas dominant 7th chord.
6. Locrian Natural 9. Ciri khas locrian selain interval diminished 5th-nya adalah interval minor 2nd/9th. Nah, scale Locrian Natural 9 ini bedanya hanyalah dia memiliki tension 9th instead of b9th. Di sinilah letak keunikan sound yang dihasilkannya. Cobalah mainkan scale ini di atas chord min7(b5). Bagaimana, apabila kita tekankan tension 9th-nya, terdengar sangat jazzy bukan?
7. Altered Scale/Super Locrian

Ya, inilah modes melodic minor yang cukup sering dimainkan selain lydian b7. Mengapa? Hal ini disebabkan altered scale ini khusus dimainkan untuk chord dominant 7th yang diharapkan beresolusi down a 5th. Dan itu sering terjadi! Contohnya, bila ada progresi Dm7-G7-Cmaj7, kita dapat memainkan G altered scale (Ab melodic minor) pada chord G7 yang beresolusi down a 5th ke C Maj7.
Berikut rangkuman modes dan 7th chords melodic minor dengan A melodic minor sebagai contoh:
Derajat I: A melodic minor (A minMaj7)
Derajat II: B dorian b9 (B min7)
Derajat III: C lydian augmented (C Maj7#5)
Derajat IV: D lydian b7 (D7#11)
Derajat V: E mixolydian b13/Hindu scale (E7 b13)
Derajat VI: F# locrian natural 9 (F# min7<b5>)
Derajat VII: G# altered/super locrian. Harmonisasi 7th chord-nya adalah (G# min7<b5>), sedangkan aplikasi scale-nya adalah chord G#7 alt.

1 komentar: