Daftar Istilah Dalam Efek dan Ampli Gitar
Aktif. Memerlukan tenaga tambahan. Biasanya mengacu pada penggunaan efek
Line Selector dalam rantai efek sebagai penambah energi baterai.
|
Efek Line Selector
|
|
Teknologi pemrosesan efek bukan berbasis komputer yang menggunakan komponen elektronik (misalnya pedal
Fuzz).
|
Contoh-contoh efek gitar analog |
|
Mulainya sebuah not.Contoh
attack yang cepat adalah suara 'nyaring' pada awal not gitar.
Slow Attack bisa diciptakan dengan menaikan volume dari nol setelah not dipetik (teknik
Violin
; teknik ini bisa dimainkan dengan knob volume pada gitar atau pedal
volume pada efek. Contoh : solo gitar awal dari cover lagu
Canon Rock).
Singkatan dari
Cabinet/kabinet.
|
Kabinet gitar |
|
Istilah teknis untuk
distorsi. Artinya adalah keadaan yang muncul saat jumlah sinyal yang melewati sebuah input terlalu banyak.
Combination Amplifier-ampli yang terdiri dari ampli gitar (Head) sekaligus kabinet speaker dalam satu wadah.
|
Combo |
|
Pemmrosesan sinyal berbasis komputer yang menggunakan
microchip (misalnya pedal digital efek
Delay).
|
Efek Digital |
Kering. Suara gitar murni yang tidak diproses, belum dikenai efek apapun. Kebalikan dari sinyal '
wet' (basah).
Dinamik. Istilah umum yang digunakan efek gitar yang mempengaruhi perubahan volume. Misalnya efek
kompresor karena efek ini mempengaruhi volume gitar.
|
Efek Kompresor |
|
Rantai efek. Urutan yang digunakan untuk menghubungkan efek.
|
Contoh skema rantai efek |
|
Efek loop. Cara merangkaikan efek dengan perangkat lain
(biasanya ampli gitar) sehingga gitar tidak perlu dihubungkan langsung
dengan efek tertentu. Kebalikan dari serries connection (koneksi seri).
Perubahan suara dalam jangka waktu tertentu ; istilah ini biasanya berkaitan dengan volume.
- Jumlah sinyal yang disalurkan kembali ke prosesor efek.
Pada Delay, feedback mengatur jumlah pengulangan ; pada Flanger,
intensitas efek lah yang diatur.
- Nada yang terus-menerus mendengung, biasanya disebabkan oleh ampli
bervolume keras yang menggerakkan senar saat pemain berada di dekatnya.
|
Seorang gitaris sedang mendekatkan gitarnya pada ampli untuk mendapatkan suara feedback |
|
Segala bentuk EQ (Equalizer) yang mengambil frekuensidari sinyal slinya. Umumnya, tone control gitar adalah filter pasif.
Ampli saja ; tidak sama dengan Combo. Yang paling terkenal
biasanya diletakkan di posisi teratas tumpukan head ampli Marshall.
|
Head ampli |
Low Frequency Ocillator. Jenis sirkuit yang digunakan untuk memberikan 'getaran' pada berbagai efek, termasuk
tremolo, vibrato dan filter.
|
Efek filter |
Arti harfiahnya adalah 'perubahan', namun dalam dunia musik kata
ini digunakan untuk menunujuk pengubahan kunci, atau sebaliknya,
mengacu pada perubahan titinada sebuah suara. Pedal
Fitch-Shifter dan
Chorus merupakan contoh efek
modulasi.
|
Efek Pitch Shifter |
Singkatan dari
Multiple Effects. Banyak efek yang
digunakan dalam satu unit, dikontrol oleh 'otak' komputer yang bisa
diprogram. Lebih bertenaga dan multiguna dibandingkan susunan
efek-injak.
|
Multi efek |
|
Hal apapun dari efek yang bisa diubah (misalnya
drive pada
distorsi,
time pada
delay,
speed pada
chorus, dll). Pedal efek menyediakan knob terpisah untuk setiap parameter. Dibandingkan efek injak, umumnya
prosesor rak studio dan
prosesor Multi-FX lantai memberi lebih banyak akses ke parameter.
|
Parameter/knob efek gitar |
Pasif. Tidak memerlukan energi tambahan.Gitar elektrik standar merupakan contoh instrumen pasif.
Tahap akhir dari ampli sebelum speaker. Volume
power-amp berfungsi untuk men-
drive kabinet speaker.
|
Power amplifier |
|
Tahap pertama dari ampli setelah input.
Pre-amp ampli tabung sebagai contoh, sangat mempengaruhi karakter tone khas ampli.
|
Pre-amplifier |
|
Regenerasi. Nama lain
feedback, yaitu parameter yang terlihat pada efek
delay dan
flanger.
Koneksi Seri. Menghubungkan gitar langsung ke satu pedal efek
lalu menyatukan semua pedal dalam satu rantai, diakhiri dengan memasukan
input ke ampli gitar.
Efek injak. Pedal berbasis lantai, biasanya diartikan sebagai
satu efek dalam satu pedal. Meskipun banyak multi-FX yang sejatinya
berbasis lantai, perangkat yang satu ini tidak dimasukan ke golongan
efek-injak.
Lamanya sebuah nada berbunyi. Gitar berbadan kayu padatumumnya
memiliki sustain lebih panjang. Kadang sustain juga digunakan untuk
menyebut
threshold kompresor.
Unit (pengukuran tinggi pada efek rak). Umumnya efek gitar berbasis rak punya ketinggian satu unit (1 U).
|
Unit rak efek gitar |
|
Basah. Suara gitar yang telah diberi efek. Istilah '
a purely wet signal' mengacu pada suara yang sudah diproses seluruhnya--dengan kata lain, suara yang yang tidak diproses berarti tidak di-
mix atau tidak dibunyikan. beberapa efek (misalnya
Chorus dan
Delay) memerlukan campuran antara sinyal basah dan sinyal kering. Efek lain (misalnya
Distorsi) seluruhnya menggunakan sinyal basah.
wah bog nya bagus gan, salam kenal gan sejarah reggae
BalasHapus